Apa itu teori warna?
Teori Warna adalah seperangkat prinsip-prinsip yang digunakan untuk membuat kombinasi warna yang harmonis. Hubungan Warna dapat secara visual
direpresentasikan dengan roda warna - spektrum warna dibungkus ke lingkaran.
Roda warna adalah representasi visual dari teori warna:
Menurut teori warna, kombinasi warna yang harmonis menggunakan dua warna yang berlawanan satu sama lain pada roda warna,
setiap tiga warna sama spasi sekitar roda warna membentuk segitiga, atau empat warna yang membentuk persegi panjang
(sebenarnya, dua pasang warna berlawanan satu sama lain). Kombinasi warna yang harmonis disebut skema warna -
kadang-kadang istilah 'warna harmoni' juga digunakan. Skema warna tetap harmonis terlepas dari sudut rotasi.
Skema warna klasik yang didukung oleh Color Wheel Pro:
Skema Warna monokromatis
Skema warna monokromatik menggunakan variasi ringan dan saturasi dari
satu warna. Skema ini tampak bersih dan elegan. Warna monokromatik berjalan dengan baik
bersama-sama, menghasilkan efek menenangkan. Skema monokromatik sangat mudah di
mata, terutama dengan warna biru atau hijau.
Skema Warna Analog
Skema warna analog menggunakan warna yang berdekatan satu sama lain pada warna
roda. Satu warna yang digunakan sebagai warna dominan sementara yang lain digunakan untuk memperkaya
skema. Skema analog mirip dengan monokromatik, tapi menawarkan lebih
nuansa.
Skema Warna Pelengkap
Skema warna komplementer terdiri dari dua warna yang berlawanan satu sama lain
pada roda warna. Skema ini terlihat terbaik ketika Anda menaruh warna hangat terhadap dingin
warna, misalnya, merah dibandingkan hijau-biru. Skema ini secara intrinsik kontras tinggi.
Berpisah Pelengkap Skema Warna
Perpecahan Skema komplementer adalah variasi dari pelengkap standar
skema. Menggunakan warna dan dua warna yang berdekatan dengan yang saling melengkapi. ini
memberikan kontras yang tinggi tanpa ketegangan yang kuat dari skema saling melengkapi.
Skema Warna Triadic
Skema warna triadic menggunakan tiga warna sama spasi sekitar roda warna. ini
Skema populer di kalangan seniman karena menawarkan kontras visual yang kuat sementara tetap mempertahankan
harmoni dan kekayaan warna. Skema triadic ini tidak kontras dengan
skema pelengkap, tapi tampaknya lebih seimbang dan harmonis.
Tetradic (Double Pelengkap) Skema Warna
The tetradic (double komplementer) Skema adalah yang paling beragam karena menggunakan dua
pasangan warna komplementer. Skema ini sulit untuk menyelaraskan; jika semua empat warna yang digunakan
dalam jumlah yang sama, skema mungkin terlihat tidak seimbang, sehingga Anda harus memilih warna untuk
menjadi dominan atau menundukkan warna.
Teori warna tidak menganalisis tints, nuansa, dan nada
Warna teori analisis hanya hubungan warna murni, tidak mengambil warna ringan dan saturasi ke rekening.
Sementara skema warna Anda dapat menggunakan tints, nuansa, dan nada, teori warna hanya memperhatikan komponen hue.
Teori warna menganggap kedua skema ini sama:
Sejarah teori warna
Roda warna pertama ditemukan oleh Sir Isaac Newton. Dia membagi sinar matahari putih menjadi merah, oranye, kuning, hijau, cyan,
dan balok biru; kemudian ia bergabung dengan dua ujung spektrum warna bersama-sama untuk menunjukkan perkembangan alami dari warna.
Berbeda dengan versi pencampuran roda warna, roda warna visual yang didasarkan pada warna primer merah, hijau,
dan biru. RGB pendahuluan digunakan untuk monitor komputer, kamera, scanner, dll sekunder (subtraktif) triad
roda RGB adalah CMY (cyan, magenta, kuning), yang merupakan standar dalam pencetakan. Juga, mata manusia mengandung RGB
reseptor. Karena fakta ini, banyak seniman percaya bahwa visual RGB roda warna harus digunakan sebagai pengganti
roda RYB tradisional untuk menciptakan pelengkap visual.
Yang roda untuk memilih?
Tujuan dari Color Wheel Pro adalah untuk menciptakan skema warna visual yang harmonis, tetapi tidak untuk mengajarkan Anda untuk mencampur pigmen.
Jadi kami menyarankan Anda menggunakan roda RGB visual yang karena mencerminkan persepsi warna manusia dengan benar. Tentu saja,
Anda dapat melakukan percobaan dengan kedua jenis roda warna.
Copyright © 2002-2003 QSX Software Group. All rights reserved. Color Wheel Pro ™ berisi Macromedia Flash ™
Pemain software oleh Macromedia, Inc, Copyright © 1995-2003 Macromedia, Inc All rights reserved. Macromedia dan
Flash adalah merek dagang dari Macromedia, Inc
Merah adalah warna api dan darah, sehingga hal ini terkait dengan energi, perang, bahaya, kekuatan, kekuasaan, tekad serta
gairah, hasrat, dan cinta.
Merah adalah warna yang sangat emosional intens. Hal ini meningkatkan metabolisme manusia, meningkatkan laju respirasi, dan meningkatkan darah
tekanan. Ini memiliki visibilitas yang sangat tinggi, itulah sebabnya mengapa tanda berhenti, lampu merah, dan peralatan api biasanya dicat merah. dalam
lambang, merah digunakan untuk menunjukkan keberanian. Ini adalah warna yang ditemukan di banyak bendera nasional.
Red membawa teks dan gambar ke latar depan. Menggunakannya sebagai warna aksen untuk merangsang orang untuk membuat keputusan yang cepat; itu
adalah warna yang sempurna untuk 'Beli sekarang' atau 'Klik Disini' tombol pada spanduk Internet dan situs web. Dalam iklan, merah sering
digunakan untuk membangkitkan perasaan erotis (bibir merah, kuku merah, kabupaten lampu merah, 'Lady in Red', dll). Red secara luas digunakan untuk menunjukkan
bahaya (tanda tegangan tinggi, lampu lalu lintas). Warna ini juga umumnya terkait dengan energi, sehingga Anda dapat menggunakannya saat
mempromosikan minuman energi, permainan, mobil, barang-barang yang berhubungan dengan olahraga dan aktivitas fisik yang tinggi.
Lampu merah mewakili sukacita, seksualitas, gairah, sensitivitas, dan cinta.
Pink menandakan asmara, cinta, dan persahabatan. Ini menunjukkan kualitas feminin dan ketidakpedulian.
Merah gelap dikaitkan dengan semangat, kemauan, marah, kemarahan, kepemimpinan, keberanian, kerinduan, kebencian, dan kemarahan.
Brown menyarankan stabilitas dan menunjukkan kualitas maskulin.
Coklat kemerahan dikaitkan dengan panen dan musim gugur.
jeruk
Jeruk menggabungkan energi merah dan kebahagiaan kuning. Hal ini terkait dengan sukacita, sinar matahari, dan daerah tropis.
Jeruk merupakan antusiasme, daya tarik, kebahagiaan, kreativitas, tekad, daya tarik, sukses, dorongan, dan
stimulasi.
Untuk mata manusia, oranye adalah warna yang sangat panas, sehingga memberikan sensasi panas. Namun demikian, jeruk tidak seagresif
sebagai merah. Jeruk meningkatkan suplai oksigen ke otak, menghasilkan efek menyegarkan, dan menstimulasi aktivitas mental. Ini
sangat diterima di kalangan anak muda. Sebagai warna jeruk, oranye dikaitkan dengan makanan sehat dan merangsang
nafsu makan. Oranye adalah warna musim gugur dan panen. Dalam lambang, jeruk adalah simbol dari kekuatan dan daya tahan.
Jeruk memiliki visibilitas yang sangat tinggi, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menarik perhatian dan menyoroti elemen yang paling penting dari Anda
desain. Jeruk sangat efektif untuk mempromosikan produk makanan dan mainan.
Gelap jeruk dapat berarti penipuan dan ketidakpercayaan.
Merah-oranye sesuai dengan keinginan, gairah seksual, kesenangan, dominasi, agresi, dan haus akan aksi.
Emas membangkitkan perasaan prestise. Arti dari emas pencahayaan, kebijaksanaan, dan kekayaan. Emas sering melambangkan kualitas tinggi.
Kuning adalah warna sinar matahari. Ini terkait dengan sukacita, kebahagiaan, kecerdasan, dan energi.
Kuning menghasilkan efek pemanasan, membangkitkan keceriaan, merangsang aktivitas mental, dan menghasilkan energi otot.
Kuning sering dikaitkan dengan makanan. Cerah, kuning murni merupakan pengambil perhatian, yang merupakan alasan mengapa taksi yang
dicat warna ini. Ketika digunakan secara berlebihan, kuning mungkin memiliki efek mengganggu; diketahui bahwa bayi menangis lebih kuning
kamar. Kuning terlihat sebelum warna lain ketika ditempatkan terhadap hitam; Kombinasi ini sering digunakan untuk mengeluarkan peringatan.
Dalam lambang, kuning menunjukkan kehormatan dan loyalitas. Kemudian arti kuning terhubung dengan pengecut.
Gunakan kuning untuk membangkitkan menyenangkan, perasaan ceria. Anda dapat memilih kuning untuk mempromosikan produk anak-anak dan barang-barang
terkait dengan waktu luang. Kuning sangat efektif untuk menarik perhatian, sehingga menggunakannya untuk menyoroti elemen yang paling penting dari
desain Anda. Pria biasanya merasakan kuning sebagai sangat ringan, warna 'kekanak-kanakan', sehingga tidak dianjurkan untuk menggunakan
kuning saat menjual bergengsi, produk mahal untuk pria - tak seorang pun akan membeli setelan bisnis kuning atau kuning
Mercedes. Kuning adalah warna yang tidak stabil dan spontan, jadi hindari menggunakan kuning jika Anda ingin menyarankan stabilitas dan
keselamatan. Cahaya kuning cenderung menghilang menjadi putih, sehingga biasanya membutuhkan warna gelap untuk menyorotnya. Nuansa kuning berada
visual tidak menarik karena mereka kehilangan keceriaan dan menjadi suram.
Membosankan (suram) kuning mewakili hati-hati, kerusakan, penyakit, dan kecemburuan.
Cahaya kuning dikaitkan dengan kecerdasan, kesegaran, dan sukacita.
Hijau adalah warna alam. Ini melambangkan pertumbuhan, harmoni, kesegaran, dan kesuburan. Hijau memiliki kuat emosional
korespondensi dengan keselamatan. Hijau gelap juga umumnya terkait dengan uang.
Hijau memiliki kekuatan penyembuhan yang besar. Ini adalah warna yang paling tenang untuk mata manusia; dapat memperbaiki penglihatan. hijau menunjukkan
stabilitas dan daya tahan. Kadang-kadang hijau menunjukkan kurangnya pengalaman; misalnya, 'anak bawang' adalah seorang pemula. dalam
lambang, hijau menunjukkan pertumbuhan dan harapan. Hijau, sebagai lawan merah, berarti keamanan; itu adalah warna bagian bebas di
lalu lintas jalan.
Gunakan hijau untuk menunjukkan keamanan ketika iklan obat-obatan dan produk medis. Hijau secara langsung berkaitan dengan alam, sehingga Anda
dapat menggunakannya untuk mempromosikan produk 'hijau'. Membosankan, hijau gelap umumnya terkait dengan uang, dunia keuangan,
perbankan, dan Wall Street.
Hijau tua dikaitkan dengan ambisi, keserakahan, dan kecemburuan.
Kuning-hijau dapat menunjukkan penyakit, pengecut, perselisihan, dan kecemburuan.
Aqua dikaitkan dengan penyembuhan emosional dan perlindungan.
Hijau zaitun adalah warna tradisional perdamaian.
Biru adalah warna langit dan laut. Hal ini sering dikaitkan dengan kedalaman dan stabilitas. Ini melambangkan kepercayaan, kesetiaan, kebijaksanaan,
kepercayaan diri, kecerdasan, iman, kebenaran, dan surga.
Biru dianggap bermanfaat bagi pikiran dan tubuh. Ini memperlambat metabolisme manusia dan menghasilkan efek menenangkan. biru adalah
sangat terkait dengan ketenangan dan ketenangan. Dalam lambang, biru digunakan untuk melambangkan kesalehan dan ketulusan.
Anda dapat menggunakan warna biru untuk mempromosikan produk dan layanan yang berkaitan dengan kebersihan (filter pemurnian air, cairan pembersih,
vodka), udara dan langit (maskapai penerbangan, bandara, AC), air dan laut (pelayaran laut, air mineral). Berbeda dengan
warna emosional hangat seperti merah, oranye, dan kuning; biru terkait dengan kesadaran dan kecerdasan. Gunakan biru untuk menyarankan
presisi ketika mempromosikan produk teknologi tinggi.
Biru adalah warna maskulin; menurut penelitian, sangat diterima di kalangan laki-laki. Dark blue dikaitkan dengan kedalaman,
keahlian, dan stabilitas; itu adalah warna pilihan untuk perusahaan Amerika.
Hindari menggunakan warna biru ketika mempromosikan makanan dan memasak, karena biru menekan nafsu makan. Ketika digunakan bersama-sama dengan hangat
warna seperti kuning atau merah, biru dapat membuat berdampak tinggi, desain yang hidup; misalnya, biru-kuning-merah adalah warna sempurna
Skema untuk superhero.
Cahaya biru dikaitkan dengan kesehatan, penyembuhan, ketenangan, pemahaman, dan kelembutan.
Dark blue merupakan pengetahuan, kekuasaan, integritas, dan keseriusan.
Ungu menggabungkan stabilitas biru dan energi merah. Ungu dikaitkan dengan royalti. Ini melambangkan kekuasaan,
bangsawan, mewah, dan ambisi. Ini menyampaikan kekayaan dan pemborosan. Ungu dikaitkan dengan kebijaksanaan, martabat,
kemandirian, kreativitas, misteri, dan sihir.
Menurut survei, hampir 75 persen dari anak-anak pra-remaja lebih memilih ungu untuk semua warna lain. Ungu adalah sangat
warna langka di alam; beberapa orang menganggap itu sebagai buatan.
Cahaya ungu adalah pilihan yang baik untuk desain feminin. Anda dapat menggunakan terang ungu ketika mempromosikan produk anak-anak.
Cahaya ungu membangkitkan perasaan romantis dan nostalgia.
Gelap membangkitkan ungu kegelapan dan perasaan sedih. Hal ini dapat menyebabkan frustrasi.
Putih dikaitkan dengan cahaya, kebaikan, kepolosan, kemurnian, dan keperawanan. Hal ini dianggap sebagai warna kesempurnaan.
Putih berarti keselamatan, kemurnian, dan kebersihan. Berbeda dengan hitam, putih biasanya memiliki konotasi positif. putih bisa
merupakan awal sukses. Dalam lambang, putih menggambarkan iman dan kemurnian.
Dalam iklan, putih dikaitkan dengan kesejukan dan kebersihan karena warna salju. Anda dapat menggunakan putih
menyarankan kesederhanaan dalam produk teknologi tinggi. Putih adalah warna yang tepat untuk organisasi amal; malaikat biasanya
membayangkan mengenakan pakaian putih. Putih dikaitkan dengan rumah sakit, dokter, dan sterilitas, sehingga Anda dapat menggunakan putih untuk
menyarankan keselamatan ketika mempromosikan produk medis. Putih sering dikaitkan dengan berat badan rendah, makanan rendah lemak, dan susu
produk.
Hitam dikaitkan dengan kekuatan, keanggunan, formalitas, kematian, kejahatan, dan misteri.
Hitam adalah warna misterius yang terkait dengan rasa takut dan tidak diketahui (lubang hitam). Ini biasanya memiliki konotasi negatif
(blacklist, humor hitam, kematian hitam '). Hitam menandakan kekuatan dan otoritas; itu dianggap sangat formal,
elegan, dan bergengsi warna (dasi hitam, hitam Mercedes). Dalam lambang, hitam adalah simbol kesedihan.
Hitam memberikan perasaan perspektif dan kedalaman, tapi latar belakang hitam berkurang dibaca. Ketika merancang untuk
galeri seni atau fotografi, Anda dapat menggunakan latar belakang hitam atau abu-abu untuk membuat warna lain menonjol. hitam
kontras dengan baik dengan warna-warna cerah. Dikombinasikan dengan merah atau oranye - warna lain yang sangat kuat - hitam memberikan sangat
skema warna agresif.
Skema warna komplementer
Skema warna komplementer terbuat dari dua warna yang saling berhadapan pada roda warna. skema ini
terlihat terbaik ketika Anda menempatkan warna hangat terhadap warna dingin, misalnya, merah dibandingkan hijau-biru. komplementer
Skema secara intrinsik kontras tinggi.
Bila menggunakan skema pelengkap, penting untuk memilih warna dominan dan menggunakan warna komplementer untuk
aksen. Menggunakan satu warna untuk latar belakang dan warna komplementer untuk menonjolkan elemen penting, Anda akan mendapatkan
warna dominasi dikombinasikan dengan kontras warna yang tajam.
Pro: Skema warna komplementer menawarkan kontras yang lebih kuat daripada skema warna lain, dan menarik perhatian maksimal.
Cons: Skema ini lebih sulit untuk menyeimbangkan daripada skema monokromatik dan analog, terutama ketika desaturated warna-warna hangat yang digunakan.
Tips: 1. Untuk hasil terbaik, tempatkan warna dingin terhadap orang-orang yang hangat, misalnya, biru dibandingkan jeruk.
2. Jika Anda menggunakan warna yang hangat (merah atau kuning) sebagai aksen, Anda dapat desaturate warna dingin berlawanan dengan lebih menekankan pada warna-warna hangat.
3 Hindari menggunakan warna-warna hangat desaturated (misalnya cokelat atau kuning kusam).
4. Coba split skema komplementer; itu mirip dengan skema pelengkap tapi menawarkan lebih variasi.
Berpisah skema warna komplementer
Perpecahan Skema komplementer adalah variasi dari skema pelengkap standar. Menggunakan warna dan dua warna berdekatan dengan yang saling melengkapi. Ini memberikan kontras yang tinggi tanpa ketegangan kuat komplementer skema.
Pro: Perpecahan Skema komplementer menawarkan lebih bernuansa daripada melengkapi skema sementara mempertahankan kontras visual yang kuat.
Cons: Perpecahan Skema komplementer lebih sulit untuk menyeimbangkan dari warna monokromatik dan analog skema.
Tips: 1 Gunakan warna hangat tunggal terhadap berbagai warna sejuk untuk menempatkan penekanan pada warna hangat (merah dibandingkan blues dan biru-hijau, atau oranye dibandingkan blues dan biru- violet).
2 Hindari menggunakan warna-warna hangat desaturated (misalnya cokelat atau kuning kusam), karena hal ini dapat merusak skema.
Skema warna triadic
Skema warna triadic menggunakan tiga warna sama spasi sekitar roda warna. Skema ini sangat populer di kalangan seniman karena menawarkan kontras visual yang kuat sementara tetap mempertahankan keseimbangan, dan kekayaan warna. Skema triadic tidak seperti kontras sebagai skema pelengkap, tapi tampaknya lebih seimbang dan harmonis.
Pro: Skema warna triadic menawarkan kontras tinggi sementara tetap mempertahankan harmoni.
Cons: Skema warna triadic tidak begitu kontras dengan skema yang saling melengkapi.
Tips: 1 Pilih satu warna yang akan digunakan dalam jumlah yang lebih besar daripada yang lain.
2.Jika warna tampak mencolok, cobalah untuk menundukkan mereka.
Tetradic (double komplementer) skema warna
The tetradic (double komplementer) skema yang paling kaya dari semua skema karena menggunakan empat warna diatur ke dua pasang warna komplementer. Skema ini sulit untuk menyelaraskan; jika semua empat warna yang digunakan dalam jumlah yang sama, yang skema mungkin terlihat tidak seimbang, sehingga Anda harus memilih warna dominan atau menundukkan warna.
Pro: Skema tetradic menawarkan lebih banyak variasi warna dari skema lainnya.
Cons: Skema ini adalah skema yang paling sulit untuk menyeimbangkan.
Tips: 1.Jika skema terlihat tidak seimbang, cobalah untuk menaklukkan satu atau lebih warna.
2 Hindari menggunakan warna-warna murni dalam jumlah yang sama.
Copyright © 2002-2003 QSX Software Group. All rights reserved. Color Wheel Pro™ contains Macromedia Flash™
Player software by Macromedia, Inc., Copyright © 1995-2003 Macromedia, Inc. All rights reserved. Macromedia and
Flash are trademarks of Macromedia, Inc.
Color Wheel Pro Istilah
Skema warna
Skema warna adalah kombinasi warna yang harmonis yang menggunakan dua warna yang berlawanan satu sama lain pada roda warna, apapun
tiga warna sama spasi sekitar roda warna membentuk segitiga, atau empat warna yang membentuk persegi panjang (sebenarnya, dua pasang warna berlawanan satu sama lain).
Ada enam skema warna klasik: monokromatis, Analog, Pelengkap, Split Complementary, Triadic, dan
Tetradic (juga disebut ganda Pelengkap). Lihat Skema Warna untuk informasi lebih lanjut.
Warna roda
Warna dari spektrum yang terlihat diatur ke dalam lingkaran. Color Wheel Pro mendukung dua jenis roda warna: pencampuran a
roda warna (RYB), dan roda warna visual (RGB). Lihat Mixing vs Visual Color Wheel untuk informasi lebih lanjut.
Hue
Warna dalam bentuk yang paling murni, tanpa hitam, abu-abu, atau putih ditambahkan. Misalnya, merah, merah, dan pink memiliki sama
rona - merah. Anda dapat melihat warna di tepi luar dari roda warna dan spektrum.
Lightness
The 'kegelapan' atau 'putih' warna. Dalam hal Color Wheel Pro, hitam memiliki keleluasaan -1, hue murni memiliki
ringan dari 0, dan putih memiliki keleluasaan 1:
Warna primer
Warna-warna dasar yang dapat dicampur untuk membuat semua warna lain. Warna-warna primer tidak dapat dibuat dengan menggabungkan lainnya warna.
Mencampur primary: Merah, kuning, biru (RYB)
Visual aditif primary: Merah, hijau, biru (RGB)
Visual primary subtraktif: Cyan, magenta, kuning (CMY)
Saturasi
Jumlah hue sebanding dengan abu-abu netral dari ringan sama, yaitu intensitas warna. Dalam contoh ini,
swatch paling kiri memiliki saturasi 1 (nilai maksimum) dan swatch paling kanan memiliki saturasi 0
(nilai minimum).
Warna sekunder
Warna yang dibuat dengan mencampur dua warna primer yang berdekatan. Misalnya, lampu merah dan biru dicampur memberikan cahaya magenta.
Pencampuran warna sekunder: Orange, ungu, dan hijau (menurut Johannes Itten)
Aditif Visual warna sekunder: Cyan, magenta, dan kuning (CMY)
Visual warna sekunder subtraktif: Merah, hijau, biru (RGB)
Shades
Shades adalah campuran dari warna dan hitam. Contoh ini menunjukkan lima nuansa yang berbeda merah:
Tints
Tints adalah campuran dari warna dan putih. Contoh ini menunjukkan lima tints berbeda merah:
Nada
Nada adalah campuran dari warna dan pelengkap atau abu-abu. Contoh ini menunjukkan lima nada yang berbeda dari merah:
Copyright © 2002-2003 QSX Software Group. All rights reserved. Color Wheel Pro™ contains Macromedia Flash™
Player software by Macromedia, Inc., Copyright © 1995-2003 Macromedia, Inc. All rights reserved. Macromedia and
Flash are trademarks of Macromedia, Inc.
Teori Warna adalah seperangkat prinsip-prinsip yang digunakan untuk membuat kombinasi warna yang harmonis. Hubungan Warna dapat secara visual
direpresentasikan dengan roda warna - spektrum warna dibungkus ke lingkaran.
Roda warna adalah representasi visual dari teori warna:
Menurut teori warna, kombinasi warna yang harmonis menggunakan dua warna yang berlawanan satu sama lain pada roda warna,
setiap tiga warna sama spasi sekitar roda warna membentuk segitiga, atau empat warna yang membentuk persegi panjang
(sebenarnya, dua pasang warna berlawanan satu sama lain). Kombinasi warna yang harmonis disebut skema warna -
kadang-kadang istilah 'warna harmoni' juga digunakan. Skema warna tetap harmonis terlepas dari sudut rotasi.
Skema warna klasik yang didukung oleh Color Wheel Pro:
Skema Warna monokromatis
Skema warna monokromatik menggunakan variasi ringan dan saturasi dari
satu warna. Skema ini tampak bersih dan elegan. Warna monokromatik berjalan dengan baik
bersama-sama, menghasilkan efek menenangkan. Skema monokromatik sangat mudah di
mata, terutama dengan warna biru atau hijau.
Skema Warna Analog
Skema warna analog menggunakan warna yang berdekatan satu sama lain pada warna
roda. Satu warna yang digunakan sebagai warna dominan sementara yang lain digunakan untuk memperkaya
skema. Skema analog mirip dengan monokromatik, tapi menawarkan lebih
nuansa.
Skema Warna Pelengkap
Skema warna komplementer terdiri dari dua warna yang berlawanan satu sama lain
pada roda warna. Skema ini terlihat terbaik ketika Anda menaruh warna hangat terhadap dingin
warna, misalnya, merah dibandingkan hijau-biru. Skema ini secara intrinsik kontras tinggi.
Berpisah Pelengkap Skema Warna
Perpecahan Skema komplementer adalah variasi dari pelengkap standar
skema. Menggunakan warna dan dua warna yang berdekatan dengan yang saling melengkapi. ini
memberikan kontras yang tinggi tanpa ketegangan yang kuat dari skema saling melengkapi.
Skema Warna Triadic
Skema warna triadic menggunakan tiga warna sama spasi sekitar roda warna. ini
Skema populer di kalangan seniman karena menawarkan kontras visual yang kuat sementara tetap mempertahankan
harmoni dan kekayaan warna. Skema triadic ini tidak kontras dengan
skema pelengkap, tapi tampaknya lebih seimbang dan harmonis.
Tetradic (Double Pelengkap) Skema Warna
The tetradic (double komplementer) Skema adalah yang paling beragam karena menggunakan dua
pasangan warna komplementer. Skema ini sulit untuk menyelaraskan; jika semua empat warna yang digunakan
dalam jumlah yang sama, skema mungkin terlihat tidak seimbang, sehingga Anda harus memilih warna untuk
menjadi dominan atau menundukkan warna.
Teori warna tidak menganalisis tints, nuansa, dan nada
Warna teori analisis hanya hubungan warna murni, tidak mengambil warna ringan dan saturasi ke rekening.
Sementara skema warna Anda dapat menggunakan tints, nuansa, dan nada, teori warna hanya memperhatikan komponen hue.
Teori warna menganggap kedua skema ini sama:
Sejarah teori warna
Roda warna pertama ditemukan oleh Sir Isaac Newton. Dia membagi sinar matahari putih menjadi merah, oranye, kuning, hijau, cyan,
dan balok biru; kemudian ia bergabung dengan dua ujung spektrum warna bersama-sama untuk menunjukkan perkembangan alami dari warna.
Newton terkait setiap warna dengan catatan dari skala musik.
Satu abad setelah Newton, Johann Wolfgang Goethe mulai mempelajari efek psikologis dari warna. Dia melihat bahwa biru
memberikan perasaan kesejukan dan kuning memiliki efek pemanasan. Goethe menciptakan roda warna menunjukkan psikologis
pengaruh setiap warna. Dia membagi semua warna menjadi dua kelompok - sisi positifnya (dari merah melalui oranye kuning) dan
sisi minus (dari hijau melalui ungu menjadi biru). Warna dari sisi positifnya menghasilkan kegembiraan dan keceriaan. warna
dari sisi minus berhubungan dengan kelemahan dan perasaan gelisah.
Bentuk saat ini teori warna dikembangkan oleh Johannes Itten, warna dan seni teori Swiss yang mengajar di
Sekolah Seni Terapan di Weimar, Jerman. Sekolah ini juga dikenal sebagai 'Bauhaus'. Johannes Itten dikembangkan
'warna chords' dan dimodifikasi roda warna. Roda warna Itten didasarkan pada warna merah, kuning, dan biru sebagai primer
triad dan termasuk dua belas warna.
Topik terkait:
Mencampur vs Visual Color Wheel
Skema warna
warna Arti
Mencampur vs Visual Color Wheel
Pencampuran (merah-kuning-biru) roda warna
Secara tradisional, seniman menggunakan roda warna yang terdiri dari warna primer merah, kuning, dan biru. Saat ini, pencampuran
roda warna umumnya diterima sebagai representasi visual dari teori warna. Roda warna ini diciptakan oleh
Johannes Itten, warna dan seni Swiss teori. Menurut Itten, penggunaan utama dari roda warna nya untuk pencampuran
pigmen. Namun, banyak seniman menggunakan roda warna ini untuk membuat kombinasi warna secara visual harmonis.
Visual (merah-hijau-biru) roda warna
Berbeda dengan versi pencampuran roda warna, roda warna visual yang didasarkan pada warna primer merah, hijau,
dan biru. RGB pendahuluan digunakan untuk monitor komputer, kamera, scanner, dll sekunder (subtraktif) triad
roda RGB adalah CMY (cyan, magenta, kuning), yang merupakan standar dalam pencetakan. Juga, mata manusia mengandung RGB
reseptor. Karena fakta ini, banyak seniman percaya bahwa visual RGB roda warna harus digunakan sebagai pengganti
roda RYB tradisional untuk menciptakan pelengkap visual.
Yang roda untuk memilih?
Tujuan dari Color Wheel Pro adalah untuk menciptakan skema warna visual yang harmonis, tetapi tidak untuk mengajarkan Anda untuk mencampur pigmen.
Jadi kami menyarankan Anda menggunakan roda RGB visual yang karena mencerminkan persepsi warna manusia dengan benar. Tentu saja,
Anda dapat melakukan percobaan dengan kedua jenis roda warna.
Copyright © 2002-2003 QSX Software Group. All rights reserved. Color Wheel Pro ™ berisi Macromedia Flash ™
Pemain software oleh Macromedia, Inc, Copyright © 1995-2003 Macromedia, Inc All rights reserved. Macromedia dan
Flash adalah merek dagang dari Macromedia, Inc
Warna Arti
- Red
Merah adalah warna api dan darah, sehingga hal ini terkait dengan energi, perang, bahaya, kekuatan, kekuasaan, tekad serta
gairah, hasrat, dan cinta.
Merah adalah warna yang sangat emosional intens. Hal ini meningkatkan metabolisme manusia, meningkatkan laju respirasi, dan meningkatkan darah
tekanan. Ini memiliki visibilitas yang sangat tinggi, itulah sebabnya mengapa tanda berhenti, lampu merah, dan peralatan api biasanya dicat merah. dalam
lambang, merah digunakan untuk menunjukkan keberanian. Ini adalah warna yang ditemukan di banyak bendera nasional.
Red membawa teks dan gambar ke latar depan. Menggunakannya sebagai warna aksen untuk merangsang orang untuk membuat keputusan yang cepat; itu
adalah warna yang sempurna untuk 'Beli sekarang' atau 'Klik Disini' tombol pada spanduk Internet dan situs web. Dalam iklan, merah sering
digunakan untuk membangkitkan perasaan erotis (bibir merah, kuku merah, kabupaten lampu merah, 'Lady in Red', dll). Red secara luas digunakan untuk menunjukkan
bahaya (tanda tegangan tinggi, lampu lalu lintas). Warna ini juga umumnya terkait dengan energi, sehingga Anda dapat menggunakannya saat
mempromosikan minuman energi, permainan, mobil, barang-barang yang berhubungan dengan olahraga dan aktivitas fisik yang tinggi.
Lampu merah mewakili sukacita, seksualitas, gairah, sensitivitas, dan cinta.
Pink menandakan asmara, cinta, dan persahabatan. Ini menunjukkan kualitas feminin dan ketidakpedulian.
Merah gelap dikaitkan dengan semangat, kemauan, marah, kemarahan, kepemimpinan, keberanian, kerinduan, kebencian, dan kemarahan.
Brown menyarankan stabilitas dan menunjukkan kualitas maskulin.
Coklat kemerahan dikaitkan dengan panen dan musim gugur.
jeruk
- Orange/Jeruk
Jeruk menggabungkan energi merah dan kebahagiaan kuning. Hal ini terkait dengan sukacita, sinar matahari, dan daerah tropis.
Jeruk merupakan antusiasme, daya tarik, kebahagiaan, kreativitas, tekad, daya tarik, sukses, dorongan, dan
stimulasi.
Untuk mata manusia, oranye adalah warna yang sangat panas, sehingga memberikan sensasi panas. Namun demikian, jeruk tidak seagresif
sebagai merah. Jeruk meningkatkan suplai oksigen ke otak, menghasilkan efek menyegarkan, dan menstimulasi aktivitas mental. Ini
sangat diterima di kalangan anak muda. Sebagai warna jeruk, oranye dikaitkan dengan makanan sehat dan merangsang
nafsu makan. Oranye adalah warna musim gugur dan panen. Dalam lambang, jeruk adalah simbol dari kekuatan dan daya tahan.
Jeruk memiliki visibilitas yang sangat tinggi, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menarik perhatian dan menyoroti elemen yang paling penting dari Anda
desain. Jeruk sangat efektif untuk mempromosikan produk makanan dan mainan.
Gelap jeruk dapat berarti penipuan dan ketidakpercayaan.
Merah-oranye sesuai dengan keinginan, gairah seksual, kesenangan, dominasi, agresi, dan haus akan aksi.
Emas membangkitkan perasaan prestise. Arti dari emas pencahayaan, kebijaksanaan, dan kekayaan. Emas sering melambangkan kualitas tinggi.
- Kuning
Kuning adalah warna sinar matahari. Ini terkait dengan sukacita, kebahagiaan, kecerdasan, dan energi.
Kuning menghasilkan efek pemanasan, membangkitkan keceriaan, merangsang aktivitas mental, dan menghasilkan energi otot.
Kuning sering dikaitkan dengan makanan. Cerah, kuning murni merupakan pengambil perhatian, yang merupakan alasan mengapa taksi yang
dicat warna ini. Ketika digunakan secara berlebihan, kuning mungkin memiliki efek mengganggu; diketahui bahwa bayi menangis lebih kuning
kamar. Kuning terlihat sebelum warna lain ketika ditempatkan terhadap hitam; Kombinasi ini sering digunakan untuk mengeluarkan peringatan.
Dalam lambang, kuning menunjukkan kehormatan dan loyalitas. Kemudian arti kuning terhubung dengan pengecut.
Gunakan kuning untuk membangkitkan menyenangkan, perasaan ceria. Anda dapat memilih kuning untuk mempromosikan produk anak-anak dan barang-barang
terkait dengan waktu luang. Kuning sangat efektif untuk menarik perhatian, sehingga menggunakannya untuk menyoroti elemen yang paling penting dari
desain Anda. Pria biasanya merasakan kuning sebagai sangat ringan, warna 'kekanak-kanakan', sehingga tidak dianjurkan untuk menggunakan
kuning saat menjual bergengsi, produk mahal untuk pria - tak seorang pun akan membeli setelan bisnis kuning atau kuning
Mercedes. Kuning adalah warna yang tidak stabil dan spontan, jadi hindari menggunakan kuning jika Anda ingin menyarankan stabilitas dan
keselamatan. Cahaya kuning cenderung menghilang menjadi putih, sehingga biasanya membutuhkan warna gelap untuk menyorotnya. Nuansa kuning berada
visual tidak menarik karena mereka kehilangan keceriaan dan menjadi suram.
Membosankan (suram) kuning mewakili hati-hati, kerusakan, penyakit, dan kecemburuan.
Cahaya kuning dikaitkan dengan kecerdasan, kesegaran, dan sukacita.
- Hijau
Hijau adalah warna alam. Ini melambangkan pertumbuhan, harmoni, kesegaran, dan kesuburan. Hijau memiliki kuat emosional
korespondensi dengan keselamatan. Hijau gelap juga umumnya terkait dengan uang.
Hijau memiliki kekuatan penyembuhan yang besar. Ini adalah warna yang paling tenang untuk mata manusia; dapat memperbaiki penglihatan. hijau menunjukkan
stabilitas dan daya tahan. Kadang-kadang hijau menunjukkan kurangnya pengalaman; misalnya, 'anak bawang' adalah seorang pemula. dalam
lambang, hijau menunjukkan pertumbuhan dan harapan. Hijau, sebagai lawan merah, berarti keamanan; itu adalah warna bagian bebas di
lalu lintas jalan.
Gunakan hijau untuk menunjukkan keamanan ketika iklan obat-obatan dan produk medis. Hijau secara langsung berkaitan dengan alam, sehingga Anda
dapat menggunakannya untuk mempromosikan produk 'hijau'. Membosankan, hijau gelap umumnya terkait dengan uang, dunia keuangan,
perbankan, dan Wall Street.
Hijau tua dikaitkan dengan ambisi, keserakahan, dan kecemburuan.
Kuning-hijau dapat menunjukkan penyakit, pengecut, perselisihan, dan kecemburuan.
Aqua dikaitkan dengan penyembuhan emosional dan perlindungan.
Hijau zaitun adalah warna tradisional perdamaian.
- Biru
Biru adalah warna langit dan laut. Hal ini sering dikaitkan dengan kedalaman dan stabilitas. Ini melambangkan kepercayaan, kesetiaan, kebijaksanaan,
kepercayaan diri, kecerdasan, iman, kebenaran, dan surga.
Biru dianggap bermanfaat bagi pikiran dan tubuh. Ini memperlambat metabolisme manusia dan menghasilkan efek menenangkan. biru adalah
sangat terkait dengan ketenangan dan ketenangan. Dalam lambang, biru digunakan untuk melambangkan kesalehan dan ketulusan.
Anda dapat menggunakan warna biru untuk mempromosikan produk dan layanan yang berkaitan dengan kebersihan (filter pemurnian air, cairan pembersih,
vodka), udara dan langit (maskapai penerbangan, bandara, AC), air dan laut (pelayaran laut, air mineral). Berbeda dengan
warna emosional hangat seperti merah, oranye, dan kuning; biru terkait dengan kesadaran dan kecerdasan. Gunakan biru untuk menyarankan
presisi ketika mempromosikan produk teknologi tinggi.
Biru adalah warna maskulin; menurut penelitian, sangat diterima di kalangan laki-laki. Dark blue dikaitkan dengan kedalaman,
keahlian, dan stabilitas; itu adalah warna pilihan untuk perusahaan Amerika.
Hindari menggunakan warna biru ketika mempromosikan makanan dan memasak, karena biru menekan nafsu makan. Ketika digunakan bersama-sama dengan hangat
warna seperti kuning atau merah, biru dapat membuat berdampak tinggi, desain yang hidup; misalnya, biru-kuning-merah adalah warna sempurna
Skema untuk superhero.
Cahaya biru dikaitkan dengan kesehatan, penyembuhan, ketenangan, pemahaman, dan kelembutan.
Dark blue merupakan pengetahuan, kekuasaan, integritas, dan keseriusan.
- Ungu
Ungu menggabungkan stabilitas biru dan energi merah. Ungu dikaitkan dengan royalti. Ini melambangkan kekuasaan,
bangsawan, mewah, dan ambisi. Ini menyampaikan kekayaan dan pemborosan. Ungu dikaitkan dengan kebijaksanaan, martabat,
kemandirian, kreativitas, misteri, dan sihir.
Menurut survei, hampir 75 persen dari anak-anak pra-remaja lebih memilih ungu untuk semua warna lain. Ungu adalah sangat
warna langka di alam; beberapa orang menganggap itu sebagai buatan.
Cahaya ungu adalah pilihan yang baik untuk desain feminin. Anda dapat menggunakan terang ungu ketika mempromosikan produk anak-anak.
Cahaya ungu membangkitkan perasaan romantis dan nostalgia.
Gelap membangkitkan ungu kegelapan dan perasaan sedih. Hal ini dapat menyebabkan frustrasi.
- Putih
Putih dikaitkan dengan cahaya, kebaikan, kepolosan, kemurnian, dan keperawanan. Hal ini dianggap sebagai warna kesempurnaan.
Putih berarti keselamatan, kemurnian, dan kebersihan. Berbeda dengan hitam, putih biasanya memiliki konotasi positif. putih bisa
merupakan awal sukses. Dalam lambang, putih menggambarkan iman dan kemurnian.
Dalam iklan, putih dikaitkan dengan kesejukan dan kebersihan karena warna salju. Anda dapat menggunakan putih
menyarankan kesederhanaan dalam produk teknologi tinggi. Putih adalah warna yang tepat untuk organisasi amal; malaikat biasanya
membayangkan mengenakan pakaian putih. Putih dikaitkan dengan rumah sakit, dokter, dan sterilitas, sehingga Anda dapat menggunakan putih untuk
menyarankan keselamatan ketika mempromosikan produk medis. Putih sering dikaitkan dengan berat badan rendah, makanan rendah lemak, dan susu
produk.
- Hitam
Hitam dikaitkan dengan kekuatan, keanggunan, formalitas, kematian, kejahatan, dan misteri.
Hitam adalah warna misterius yang terkait dengan rasa takut dan tidak diketahui (lubang hitam). Ini biasanya memiliki konotasi negatif
(blacklist, humor hitam, kematian hitam '). Hitam menandakan kekuatan dan otoritas; itu dianggap sangat formal,
elegan, dan bergengsi warna (dasi hitam, hitam Mercedes). Dalam lambang, hitam adalah simbol kesedihan.
Hitam memberikan perasaan perspektif dan kedalaman, tapi latar belakang hitam berkurang dibaca. Ketika merancang untuk
galeri seni atau fotografi, Anda dapat menggunakan latar belakang hitam atau abu-abu untuk membuat warna lain menonjol. hitam
kontras dengan baik dengan warna-warna cerah. Dikombinasikan dengan merah atau oranye - warna lain yang sangat kuat - hitam memberikan sangat
skema warna agresif.
Copyright © 2002-2003 QSX Software Group. All rights reserved. Color Wheel Pro™ contains Macromedia Flash™
Player software by Macromedia, Inc., Copyright © 1995-2003 Macromedia, Inc. All rights reserved. Macromedia and
Flash are trademarks of Macromedia, Inc.
Skema warna
Skema warna monokromatik
Skema warna monokromatik menggunakan variasi ringan dan saturasi warna tunggal. Skema ini terlihat bersih dan elegan. Warna monokromatik berjalan dengan baik bersama-sama, menghasilkan efek menenangkan. Skema monokromatik sangat mudah pada mata, terutama dengan warna biru atau hijau. Anda dapat menggunakannya untuk membangun suasana hati secara keseluruhan. Warna primer dapat
diintegrasikan dengan warna-warna netral seperti hitam, putih, atau abu-abu. Namun, bisa sulit, ketika menggunakan skema ini, untuk menyoroti elemen yang paling penting.
Pro: Skema monokromatik mudah untuk mengelola, dan selalu tampak seimbang dan menarik secara visual.
Cons: Skema ini tidak memiliki kontras warna. Hal ini tidak semeriah skema saling melengkapi.
Tips: 1. Gunakan tints, nuansa, dan nada warna kunci untuk meningkatkan skema.
2. Coba skema analog; ia menawarkan lebih nuansa sementara tetap mempertahankan kesederhanaan dan keanggunan Skema monokromatik.
Skema warna Analog
Skema warna analog menggunakan warna yang berdekatan satu sama lain pada roda warna. Satu warna yang digunakan sebagai warna dominan sementara yang lain digunakan untuk memperkaya skema. Skema analog mirip dengan yang monokromatik, tapi menawarkan lebih banyak nuansa.
Pro: Skema warna analog adalah sebagai mudah untuk membuat sebagai monokromatik, tapi terlihat lebih kaya.
Cons: Skema warna analog tidak memiliki kontras warna. Hal ini tidak semeriah skema saling melengkapi.
Tips: 1 Hindari menggunakan terlalu banyak warna dalam skema analog, karena ini dapat merusak harmoni.
2 Hindari menggabungkan warna-warna hangat dan sejuk dalam skema ini.
Skema warna komplementer
Skema warna komplementer terbuat dari dua warna yang saling berhadapan pada roda warna. skema ini
terlihat terbaik ketika Anda menempatkan warna hangat terhadap warna dingin, misalnya, merah dibandingkan hijau-biru. komplementer
Skema secara intrinsik kontras tinggi.
Bila menggunakan skema pelengkap, penting untuk memilih warna dominan dan menggunakan warna komplementer untuk
aksen. Menggunakan satu warna untuk latar belakang dan warna komplementer untuk menonjolkan elemen penting, Anda akan mendapatkan
warna dominasi dikombinasikan dengan kontras warna yang tajam.
Pro: Skema warna komplementer menawarkan kontras yang lebih kuat daripada skema warna lain, dan menarik perhatian maksimal.
Cons: Skema ini lebih sulit untuk menyeimbangkan daripada skema monokromatik dan analog, terutama ketika desaturated warna-warna hangat yang digunakan.
Tips: 1. Untuk hasil terbaik, tempatkan warna dingin terhadap orang-orang yang hangat, misalnya, biru dibandingkan jeruk.
2. Jika Anda menggunakan warna yang hangat (merah atau kuning) sebagai aksen, Anda dapat desaturate warna dingin berlawanan dengan lebih menekankan pada warna-warna hangat.
3 Hindari menggunakan warna-warna hangat desaturated (misalnya cokelat atau kuning kusam).
4. Coba split skema komplementer; itu mirip dengan skema pelengkap tapi menawarkan lebih variasi.
Berpisah skema warna komplementer
Perpecahan Skema komplementer adalah variasi dari skema pelengkap standar. Menggunakan warna dan dua warna berdekatan dengan yang saling melengkapi. Ini memberikan kontras yang tinggi tanpa ketegangan kuat komplementer skema.
Pro: Perpecahan Skema komplementer menawarkan lebih bernuansa daripada melengkapi skema sementara mempertahankan kontras visual yang kuat.
Cons: Perpecahan Skema komplementer lebih sulit untuk menyeimbangkan dari warna monokromatik dan analog skema.
Tips: 1 Gunakan warna hangat tunggal terhadap berbagai warna sejuk untuk menempatkan penekanan pada warna hangat (merah dibandingkan blues dan biru-hijau, atau oranye dibandingkan blues dan biru- violet).
2 Hindari menggunakan warna-warna hangat desaturated (misalnya cokelat atau kuning kusam), karena hal ini dapat merusak skema.
Skema warna triadic
Skema warna triadic menggunakan tiga warna sama spasi sekitar roda warna. Skema ini sangat populer di kalangan seniman karena menawarkan kontras visual yang kuat sementara tetap mempertahankan keseimbangan, dan kekayaan warna. Skema triadic tidak seperti kontras sebagai skema pelengkap, tapi tampaknya lebih seimbang dan harmonis.
Pro: Skema warna triadic menawarkan kontras tinggi sementara tetap mempertahankan harmoni.
Cons: Skema warna triadic tidak begitu kontras dengan skema yang saling melengkapi.
Tips: 1 Pilih satu warna yang akan digunakan dalam jumlah yang lebih besar daripada yang lain.
2.Jika warna tampak mencolok, cobalah untuk menundukkan mereka.
Tetradic (double komplementer) skema warna
The tetradic (double komplementer) skema yang paling kaya dari semua skema karena menggunakan empat warna diatur ke dua pasang warna komplementer. Skema ini sulit untuk menyelaraskan; jika semua empat warna yang digunakan dalam jumlah yang sama, yang skema mungkin terlihat tidak seimbang, sehingga Anda harus memilih warna dominan atau menundukkan warna.
Pro: Skema tetradic menawarkan lebih banyak variasi warna dari skema lainnya.
Cons: Skema ini adalah skema yang paling sulit untuk menyeimbangkan.
Tips: 1.Jika skema terlihat tidak seimbang, cobalah untuk menaklukkan satu atau lebih warna.
2 Hindari menggunakan warna-warna murni dalam jumlah yang sama.
Copyright © 2002-2003 QSX Software Group. All rights reserved. Color Wheel Pro™ contains Macromedia Flash™
Player software by Macromedia, Inc., Copyright © 1995-2003 Macromedia, Inc. All rights reserved. Macromedia and
Flash are trademarks of Macromedia, Inc.
Color Wheel Pro Istilah
Skema warna
Skema warna adalah kombinasi warna yang harmonis yang menggunakan dua warna yang berlawanan satu sama lain pada roda warna, apapun
tiga warna sama spasi sekitar roda warna membentuk segitiga, atau empat warna yang membentuk persegi panjang (sebenarnya, dua pasang warna berlawanan satu sama lain).
Ada enam skema warna klasik: monokromatis, Analog, Pelengkap, Split Complementary, Triadic, dan
Tetradic (juga disebut ganda Pelengkap). Lihat Skema Warna untuk informasi lebih lanjut.
Warna roda
Warna dari spektrum yang terlihat diatur ke dalam lingkaran. Color Wheel Pro mendukung dua jenis roda warna: pencampuran a
roda warna (RYB), dan roda warna visual (RGB). Lihat Mixing vs Visual Color Wheel untuk informasi lebih lanjut.
Hue
Warna dalam bentuk yang paling murni, tanpa hitam, abu-abu, atau putih ditambahkan. Misalnya, merah, merah, dan pink memiliki sama
rona - merah. Anda dapat melihat warna di tepi luar dari roda warna dan spektrum.
Lightness
The 'kegelapan' atau 'putih' warna. Dalam hal Color Wheel Pro, hitam memiliki keleluasaan -1, hue murni memiliki
ringan dari 0, dan putih memiliki keleluasaan 1:
Warna primer
Warna-warna dasar yang dapat dicampur untuk membuat semua warna lain. Warna-warna primer tidak dapat dibuat dengan menggabungkan lainnya warna.
Mencampur primary: Merah, kuning, biru (RYB)
Visual aditif primary: Merah, hijau, biru (RGB)
Visual primary subtraktif: Cyan, magenta, kuning (CMY)
Saturasi
Jumlah hue sebanding dengan abu-abu netral dari ringan sama, yaitu intensitas warna. Dalam contoh ini,
swatch paling kiri memiliki saturasi 1 (nilai maksimum) dan swatch paling kanan memiliki saturasi 0
(nilai minimum).
Warna sekunder
Warna yang dibuat dengan mencampur dua warna primer yang berdekatan. Misalnya, lampu merah dan biru dicampur memberikan cahaya magenta.
Pencampuran warna sekunder: Orange, ungu, dan hijau (menurut Johannes Itten)
Aditif Visual warna sekunder: Cyan, magenta, dan kuning (CMY)
Visual warna sekunder subtraktif: Merah, hijau, biru (RGB)
Shades
Shades adalah campuran dari warna dan hitam. Contoh ini menunjukkan lima nuansa yang berbeda merah:
Tints
Tints adalah campuran dari warna dan putih. Contoh ini menunjukkan lima tints berbeda merah:
Nada
Nada adalah campuran dari warna dan pelengkap atau abu-abu. Contoh ini menunjukkan lima nada yang berbeda dari merah:
Copyright © 2002-2003 QSX Software Group. All rights reserved. Color Wheel Pro™ contains Macromedia Flash™
Player software by Macromedia, Inc., Copyright © 1995-2003 Macromedia, Inc. All rights reserved. Macromedia and
Flash are trademarks of Macromedia, Inc.
Naycarthue: Warna Teori Dasar >>>>> Download Now
BalasHapus>>>>> Download Full
Naycarthue: Warna Teori Dasar >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Naycarthue: Warna Teori Dasar >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK